Selasa, 22 April 2014

Cara merawat baterai Smartphone yg benar


Kebanyakan orang yg memiliki smartphone, gadget dan sebagainya tidak memperhatikan yang namanya baterai kan.. Apalagi bagaimana cara agar baterai gadget kita bisa awet dan tahan lama?? Baterai smartphone jaman sekarang berbeda dengan handphone jaman dulu, dan cara merawatnya juga berbeda. 

Baterai smartphone atau gadget" sekarang rata" menggunakan baterai Lithium-ion atau Li-ion. Dan baterai seperti ini berbeda perlakuannya tidak seperti dulu, kalian pasti pernah dengar ketika kalian membeli handphone baru isi penuh baterai sampai 4 jam bahkan sampai 8 jam kan?? hal itu menyebabkan baterai kita overload dan overcharging dan dapat mengurangi umur baterai jenis Li-ion ini.

Jika baterai ini sering di charge terlalu lama atau overcharge dapat menyebabkan kerusakan dan dapat meledak seperti banyaknya kasus" smartphone meledak itu adalah karena mengisi terlalu lama atau terus menerus.

Jangan mengisi daya baterai kalian di dalam tas karena hal tersebut dapat menyebabkan baterai panas dan kemungkinan baterai dapat rusak atau bahkan meledak karena baterai jenis Li-ion ini tidak tahan terhadap suhu yang panas. Hindari juga meletakkan smartphone kalian ditempat yang panas.

Baterai jenis ini memiliki umur atau masa pakai dengan seberapa banyaknya kita sering mengisi ulang baterai ini.. Semakin kita banyak melakukan isi ulang maka masa pakai baterai ini juga akan menjadi singkat, kita harus pandai" menghemat baterai ini. 

 Berikut tabel rentang charge dan siklus masa pakai dari baterai Li-ion

Depth of discharge (DoD)
Discharge cycles
100% DoD
500
50% DoD
1500
25% DoD
2500
10% DoD
4700


Sebagai contoh 
Kita mulai mencharge handphone kita pada saat baterai menunjukkan 75% maka itu terhitung 100% dan siklus masa pakai baterai kita menjadi singkat yaitu sekitar 500 kali.

Berbeda jika kita mencharge baterai handphone ketika menunjukan 15 % kita dapat memperpanjang siklus baterai kita yaitu mencapai 4700 kali,  

Maka dari itu sebaiknya kita jangan sering" melepaskan charger ketika baterai belum penuh dan pastikan mulai mengisi baterai disaat baterai-benar benar lemah.Semakin lemah baterai semakin baik untuk melakukan pengisian hal ini membuat masa pakai baterai kita semakin lama dan awet.. Kurangi juga mengisi daya smartphone kalian menggunakan charger lain dan bukan charger original,  dan mengisi melalui usb laptop atau komputer.

Tapi ada kalanya beberapa bulan sekali kita menghabiskan baterai kita sampai benar" kosong untuk melakukan kalibrasi terhadap baterai. Dan untuk membantu proses kalibrasi tersebut saya juga sudah menyiapkan aplikasinya untuk Android kalian bisa diunduh langsung disini

Cara menggunakan aplikasi tersebut adalah habiskan baterai kalian sampai benar" habis dan mati, lalu isi penuh smartphone kalian hingga menunjukan 100%, lalu klik kalibrasi.

Sekian postingan saya kali ini semoga dapat bermanfaat.. CHIP smala
SAY no to GAPTEK.. BYEE

refrence
batteryuniversity
RMeducation

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...