Sabtu, 04 Mei 2013

Tentang CHIP Sman 5 Madiun


SMALA CHIP EXTRACURICULAR merupakan satu-satunya ekskul di SMA Negeri 5 Madiun yang mempunyai basis komputer dalam semua kegiatannya. Berdiri pada 29 Juli 2009, dicetuskan pertama kali oleh Mohammad Andy Nugroho (Angkt-17/2008-2009), lulus di awalan permajuan eskul pada sekolah, sehingga kepengurusan diturunkan kepada generasi selanjutnya.

Generasi selanjutnya berarti tahun XII, bersama Akhlish Diinal 'Aziiz, Fariz Tresnanto Jati Kusuma, Ahmad Luthfillah, Dennys, Ramadhan, membentuk suatu tim gabungan dengan siswa tahun XI, Aditya Ramdhan, Denny Setyawan, Nina Milasari, dan Riska Amalia, tentunya mereka dipilih secara random berdasarkan kemampuan mereka yang benar mampu diandalkan adanya. Akhirnya Ekskul CHIP berdiri secara resmi.
Berdirinya Ekskul CHIP ini tentu bukan semata-mata hanya perjuangan siswa, namun bimbingan dan tuntunan guru juga menjadi peran yang membantu berdirinya Ekskul ini. Seperti, Cecep Fauzi, Budi Irawan, Budi K.W, dan beberapa pihak lain.

Ekskul ini juga satu-satunya Ekskul yang mengadakan tes untuk pemilihan anggotanya. pada tanggal 29 Juli 2009, tepat setelah diumumkan secara resmi berdirinya Ekskul ini, Tim yang bertugas bersama Budi Irawan yang ditugaskan sebagai pembina Ekskul CHIP yang pertama langsung bertindak cepat, dan melakukan serangkaian rapat tertutup. Pada hari selanjutnya, kegiatan pengenalan ekskul mulai diedarkan ke seluruh siswa tahun X dan tahun XI. Ternyata pada awal pengenalan, kegiatan ini sudah meraup simpati masyarakat sekolah, untuk pertama kalinya ekskul di SMA 5 yang menarik lebih dari 100 siswa dari siswa tahun X.

Ada 2 macam proses seleksi yang dilakukan, yakni Tes Online dan Tes Grafis. Anggota pada saat itu hanya dibatasi hingga 25 siswa saja, agar fokus kerja dapat diterapkan. melalui serangkaian kegiatan ini, akhirnya sekolah juga mulai menaruh simpatik, dan kegiatan-kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari sekolah.
setelah terpilih anggota resmi yakni sebanyak 25 siswa, program kerja mulai dilakukan dan dirapatkan. beberapa pertemuan Ekskul habis digunakan hanya untuk merapatkan Program Kerja dan beberapa kesepakatan unutk kedepan, sehingga hal ini mengulur waktu. Walaupun seperti itu, banyak yang harus dikerjakan mengingat status kepengurusan adalah sebagai siswa, apalagi siswa dari tahun XII yang mempunyai banyak beban untuk seharusnya konsentrasi pada Ujian Nasional, namun, tanpa gertakan dari kepengurusan senior tahun XII, bisa dipastikan Ekskul ini tidak akan berdiri. Membutuhkan banyak pengorbanan, waktu, biaya, tenaga, serta pikiran.

Banyak tugas yang diberikan sekolah kepada CHIP karena peranan ekskul ini ternyata sangat dibutuhkan didunia pendidikan, hingga para anggota kualahan dalam membeban tugas. guncangan-guncangan mulai terjadi dalam intra ekskul, walaupun seperti itu, ekskul tetap berjalan sambil merencakan program kerja yang tadinya tertunda-tunda.

Setelah akhirnya program kerja terbentuk, kegiatan dapat berjalan walaupun mendapat banyak tantangan. salah satunya adalah timbulnya rasa idealis diantara anggotanya, sehingga PK sedikit berantakan.
Selanjutnya PK yang paling didominasi adalah acara SMALA Anniversary. kebersamaan semua anggota akhirnya dapat terbentuk, rasa saling peduli, kerja sama, serta apresiasi anggota menjadi sikap yang sempurna untuk melancarkan kegiatan. kenangan-kenangan terbentuk, membentuk suatu komitmen sehingga akhirnya dengan bangga semua anggota meneriakan "WE ARE FIRST YEAR!".


ADMIN CONTACT

email   :ilhamyogaperdana(at)gmail.com
twitter :@ilham_omnimous



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...