Jumat, 02 Agustus 2013

Ubuntu Edge: smartphone super besutan Canonical


Canonical, perusahaan dibalik sistem operasi Linux Ubuntu saat ini sedang menggalang dana untuk memproduksi sebuah smartphone super yang di beri nama Ubuntu Edge, lebih dari sekedar saingan i Phone, ponsel ini berperilaku seperti layaknya ponsel biasa ketika kalian menggunakannya sebagai perangkat mobile dan akan berubah seketika ketika kalian mencolokkannya ke layar monitor, smartphone ini akan berubah menjadi sebuah "CPU" dengan sistem operasi Desktop penuh, dalam sistem Canonical dijuluki dengan "desktop convergense".


Ubuntu Edge ini berjalan di os Dual-boots antara Android dan Ubuntu mobile dan memakai multi-core processor tercepat yang tersedia saat ini yaitu 4 GB dan memori internal sebesar 128 GB. Mantap banget deh nih smartphone super.

Interface Ubuntu Edge berfungsi baik sebagai Mobile High-Definition Link (MHL) interface untuk mengirim 1.920 x1, 080 video ke display dan USB konektor On-The-Go host untuk menghubungkan keyboard dan mouse. Dengan kabel yang disediakan, kalian tidak memerlukan tampilan dengan input khusus MHL-HDMI dan hanya dapat menghubungkannya ke port HDMI.

Di baterainya Ubuntu Edge menggunakan teknologi silikon-anoda Li-ion yang bisa menyimpan lebih banyak energi di smartphone ini.




Technical Specification
  • Dual boot Ubuntu mobile OS and Android
  • Fully integrated Ubuntu desktop PC when docked
  • Fastest multi-core CPU, 4GB RAM, 128GB storage
  • Micro-SIM
  • 4.5in 1,280 x 720 HD sapphire crystal display
  • 8mp low-light rear camera, 2mp front camera
  • Dual-LTE, dual-band 802.11n Wi-Fi, Bluetooth 4, NFC
  • GPS, accelerometer, gyro, proximity sensor, compass, barometer
  • Stereo speakers with HD audio, dual-mic recording, Active Noise Cancellation
  • 11-pin connector providing simultaneous MHL and USB OTG
  • 3.5mm jack
  • Silicon-anode Li-Ion battery
  • 64 x 9 x 124mm


Sayangnya setelah beberapa minggu menggalang dana, ternyata dana hanya terkumpul 7 juta dollar dari 32 dollar yang dibutuhkan untuk merealisasikan smartphone ini, hal ini tampak tidak menjanjikan untuk smartphone ini kedepannya.Namun, Canonical membuat langkah bijak dengan mempertimbangkan smartphone ini apakah benar-benar ada permintaan untuk itu atau tidak.

Berbicara ke pengguna Reddit, company founder Mark Shuttleworth menegaskan bahwa kampanye harus ditingkankan untuk mendapatkan 32 juta dolar dalam rangka untuk memproduksi hardware smartphone yang akan diproduksi, jumlah itu juga harus diperkirakan dalam hal  "berapa harga ponsel ini dipasaran nantinya". Pertama ponsel ini akan dilucurkan sebanyak 1.250 buah, dengan harga $ 725 (sekitar Rp. 7.400.000) kalian mungkin kaget. Mengingat ponsel ini tidak murah, apa yang akan dilakukan jika proyek ini tidak mendapatkan dana.

Jika dana tidak terpenuhi Canonical akan menghentikan gagasan tentang merilis perangkat ponsel miliknya ini dan hanya fokus hanya pada handset yang telah tersedia dipasaran dan akan terus bekerja dengan produsen lain yang ingin mendukung pengembangan Ubuntu Mobile. 

Kalian tertarik untuk merealisasikan ponsel ini, jika iya, kalian bisa membantu menyumbangkan dana di proyek Ubuntu Edge ini di indiegogo


site refrence:
indiegogo/projects/ubuntu-edge
expertreviews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...