Jumat, 28 Juni 2013

Windows 8.1 kembalinya ciri khas "Windows"


Kalian pengguna Windows 8 sekarang bisa merasakan kembali si "Start Button" pada OS (Operating Sistem) Windows 8 generasi terbaru ini yaitu Windows 8.1, tidak begitu banyak sebenarnya perubahan yang terjadi di Windows 8.1 ini, tetapi bisa menjawab semua keluhan pada versi sebelumnya.

Tampilannya pun tidak banyak berubah yaitu tetap menggunakan tampilan Metro/Modern UI (User Interface). 

Dan apakah yang berubah dari Windows 8.1 ini, berikut beberapa perubahan dari Windows 8.1,

Kembalinya si "Start Button" 


Start button adalah tombol yang sangat berguna dan legendaris dari Windows, dan di dalamnya tersemat banyak aplikasi dan fitur-fitur kontrol Windows yang dapat dengan mudah di akses.

Maka, tidak heran apabila pengguna lama Windows kesulitan setelah menyadari bahwa Windows 8 sudah tidak lagi hadir dengan tombol Start. Untuk melihat aplikasi yang ada, pengguna harus masuk ke tampilan Metro, sedangkan tombol menu Control Panel dan tombol Shutdown disatukan ke sebuah tempat yang dinamakan Charm Bar.

Tidak ingin menampilkan tampilan Metro ketika tombol ini diklik? Dengan sebuah pengaturan, pengguna dapat mengubah tampilan menjadi "All Apps" untuk mengembalikan cara kerja tombol Start tradisional.

Pengguna pun bisa mengakses beberapa menu lain, seperti Task Manager, Control Panel, Search, dan Run. Caranya adalah dengan mengklik kanan tombol Start, secara otomatis menu-menu tersebut akan ditampilkan.

Lock Screen dan Kustomisasi



Layar Kunci di Windows 8.1 tidak tampil monoton. Layar ini tampil lebih interaktif dari Windows 8. Pengguna bisa memasang slideshow foto, menerima panggilan Skype, dan mengakses kamera langsung dari layar tersebut.

Sekarang pengguna dapat mudah mengganti dan menyamakan wallpaper desktop dengan gambar background Start Screen, dan tersedianya berbagai ukuran dari Tile/ kotak-kotak pada Start Screen yaitu Besar, Sedang , Kecil. untuk memindah kotak-kotak aplikasi, cara mengubahnya agak sedikit berbeda dengan Windows 8 yaitu dengan cara menahan kotak-kotak aplikasi tersebut, hal tersebut untuk mencegah pergerakan secara tidak sengaja dan teracak-acak.

Search 




Fitur Search di Windows 8.1 hadir lebih menarik. Sistem akan mencari semua hal yang berkaitan dengan kata-kata yang ingin dicari oleh pengguna. Sistem melakukan pencarian dari hard drive yang ada di PC dan situs. Contohnya, apabila pengguna mengetik kata "Kompas", maka sistem akan mencari file yang berkaitan dengan kata tersebut di PC dan juga internet.

Melalui fitur ini, pengguna juga bisa langsung menjalankan aplikasi. Caranya, ketikkan beberapa huruf nama software, maka akan muncul daftar hasil pencarian. Klik saja nama aplikasi yang diinginkan, maka sistem secara otomatis akan menjalankan software ini.

Multitasking



Microsoft meningkatkan kemampuan tersebut di Windows 8.1. Pengguna dapat menjalankan empat aplikasi sekaligus dalam sebuah layar terpisah.

Namun, fitur ini sangat bergantung pada ukuran layar. Contohnya, apabila pengguna menggunakan layar monitor 27 inci, sistem bisa menampilkan empat aplikasi tersebut dengan sangat baik. Apabila menggunakan tablet 8 inci, sistem hanya mampu menampilkan 2 window aplikasi saja. 

Booting


Di Windows 8, saat PC boot-up, pengguna akan langsung dibawa ke tampilan Metro atau Strat Screen. Nah, di OS baru ini, pengguna bisa mengatur, pada saat boot-up, sistem membawa mereka ke tampilan desktop.

Caranya pun cukup mudah. Di tampilan desktop, klik kanan di task bar, kemudian pilih "Go to the desktop instead of Start when I sign in".

Organiser


Alarm

Anda punya tiga pilihan di sini: alarm, timer dan stopwatch, dengan countdowns khususnya berlangsung 15 menit atau kurang. Untuk kedua alarm dan timer, Anda memindahkan jari Anda di sekitar jam untuk mengatur waktu, dan tersedia berbagai suara alarm yang bisa disesuaikan untuk membangunkan anda. Tampilannya tetap menggunakan gaya Metro yang simple dan ringkas

Kalkulator

Microsoft agak sedikit terlambat menyertakan kalkulator bergaya Metro di Windows 8 kemarin, dan di Windows 8.1 akhirnya kalkulator bergaya Metro disertakan, selain fungsi kalkulator standar, kalkulator ini dilengkapi dengan alat konversi dan kalkulator ilmiah.

Kalian tertarik mencoba Windows 8.1, download previewnya disini

Sumber: endgadget, kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...